televisionTak biasanya saya menyukai iklan di televisi. Jaman masih nonton televisi secara jamaah jaman pas tinggal di asrama atau kost-kostan, saat iklan adalah saat yang tepat untuk berpindah channel, untuk mengecek sedang ada acara apa di channel tetangga. Karena itu, penguasa televisi ditahbiskan kepada kawan yang memegang remote.

Dengan kuasa jempolnya, acara televisi bisa berpindah-pindah manakala iklan ditayangkan. Tak heran, kadang-kadang remote disembunyikan, dan jadilah kemudian tombol pindah channel jadi paling cepat rusak karena paling sering ‘mambu-tangan‘.

Apalagi kemudian memasuki era televisi berbayar (baca di sini). Saya makin tidak pernah mengamati bagaimana iklan-iklan itu, karena bagaimanapun, keberadaan iklan di televisi berbayar tidaklah sesering di televisi terestrial. Di televisi berbayar, iklan biasanya muncul ketika satu paket acara telah usai dan hendak berganti ke paket acara yang lain. Sementara di televisi terestrial, iklan muncul secara berkala, bahkan kadang saat kemunculan di saat seru-serunya acara.

Jadi, jangan tanyakan apa iklan favoritmu kepada saya. Serta merta saya mengangkat bahu dan bilang: tidak tahu. Iklan yang saya ingat adalah iklan “I love the blue of Indonesia“-nya Bentoel. Iklan yang pernah memenangkan penghargaan iklan terbaik jaman itu. Jadul ya? hehehe.

Saya suka iklan itu bukan karena saya merokok, -saya baru mulai (perlahan-lahan) merokok kuartal empat 1994, dan berhenti merokok hampir sembilan belas tahun setelahnya-, tetapi iklan itu memang menyenangkan untuk dilihat. Selain iklan Bentoel itu, saya juga akan senantiasa memberi tempat untuk iklan serial “Asyiknya rame-rame” punya Sampoerna Hijau. Iklan yang dibuat dengan konsep cerdas, tampil memikat, tapi tak membuat saya berganti merk rokok yang diiklankan.

Masih banyak sebenarnya iklan yang digarap secara bagus, tetapi sayang ingatan saya terbatas. Jika masih ingin tahu tentang iklan apa yang menarik dan terbaik, sila mampir juga ke laman punya Citra Priwara.

***

Kalau saja masih saja ada yang ngotot nanya iklan favorit pada saya, syukurlah kalau kini, saya punya jawabannya.

Awalnya, saya dapat kabar tentang iklan itu sudah beberapa bulan yang lalu, tapi waktu itu saya pikir hanyalah konsumsi di youtube, tetapi kemarin saya baru ngeh kalau iklan itu juga ditayangkan di channel Fox Sport. Nah, ini dia iklan favorit saya seumur-umur:

Iklan berdurasi satu menit itu, serta merta langsung membuat saya jatuh cinta. Tahu mengapa? Pasti tahulah …

[kkpp, 28.09.2013]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s