Ini kartuku, mana kartumu …

Belakangan memang sedang ramai pro-kontra penggunaan kartu non tunai untuk pembayaran jalan tol. Di ibukota apalagi.

Tetapi penggunaan kartu non tunai semacam ini sudah digunakan secara umum untuk metode pembayaran transportasi massal.

Sebenarnya juga saya sudah punya beberapa. Salah satu kartu terdahulu adalah kartu anggota dari komunitas pengguna Nissan March. Dulu niatan dari pembuatan kartu e-money ini dalam rangka meringankan operator jalan tol yang sambat bebannya harus menyediakan receh bernilai milyaran rupiah tiap harinya. Begitu informasi yang kami terima pada saat mengikuti rally bersama berbagai komunitas kendaraan.

Jadi kini, mengapa saya menambah satu kartu e-money lagi?

Karena kartu yang ini adalah salah satu program yang baru di-launching oleh kepengurusan pusat Ikatan Alumni Fakultas Teknologi Kelautan ITS masa bakti 2017-2020.

Benar sih, menjadi alumni adalah mekanisme otomatis setelah menyelesaikan studi di almamater. Tak ada keharusan untuk mencatatkan diri pun berkumpul di sebuah ikatan. Tetapi, tidakkah kemudian ikatan alumni sering dipertanyakan jika ada kejadian-kejadian tertentu? Misal, ramai-ramainya isu reklamasi seperti sekarang, isu tol laut yang tak tepat sasaran, isu makin sepinya kawasan ekonomi khusus Batam. Pun juga ikatan alumni akan dicari manakala ada mahasiswa perlu bantuan beasiswa, perlu informasi lowongan pekerjaan. Juga ikatan alumni akan dicari saat masa perayaan dies natalis almamater.

Tak ada salahnya bukan jika kebanggaan saya akan ikatan alumni saya wujudkan dengan kartu anggota ini yang mempunyai benefit juga sebagai kartu e-money? Tak ada salahnya bukan saya turut menyisihkan iuran wajib kepada organisasi yang memerlukan dana untuk memutar operasional organisasi? Juga dengan kartu anggota baru ini juga mensosialisasikan hasil Munas Alumni kemarin, bahwa penggunaan P-sekiansekian yang dulu hanya digunakan oleh jurusan perkapalan, kini digunakan sebagai identitas angkatan ke-berapa oleh semua jurusan di lingkungan fakultas teknologi kelautan.

Jadi, tunggu apa? Hari ini adalah hari terakhir batch kedua kartu alumni IKA FTK ITS, dan batch ketiga akan dibuka lagi pas tanggal ulang tahun almamater, 10 November 2017 mendatang.

Ayo dulur alumni FTK ITS, mari bersama membangun bahari!

[kkpp, 27.10.2017]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s