Wes 30 Taon Rek, ITS93 … (2)

Wes 30 Taon Rek, ITS93 …

Sudah 30 tahun keberadaan ITS93.

ITS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang juga masih sering salah kaprah ‘S’-nya dianggap sebagai akronim dari Surabaya sebagaimana penamaan dari saudara tua di Bandung, adalah perguruan tinggi negeri yang menjadi jujukan kami di tahun 1993 melanjutkan studi.

Pada tahun 1993 itu, dari seluruh penjuru negeri, ribuan lulusan SMA beralih status menjadi mahasiswa ITS setelah diterima melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) untuk 17 jurusan S1, serta melalui jalur penerimaan 6 jurusan D3 serta penerimaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Sebenarnya, reuni adalah hal yang biasa-biasa saja. Ia adalah perulangan yang disengaja untuk bertemu teman-teman lama. Seorang kawan bilang, tahun ini ia sudah bereuni dengan kawan sejak TK, SD, SMP hingga SMA. Tetapi reuni bisa jadi juga adalah hal yang luar biasa. Terserah, bagaimana Anda memaknainya.

Salah satu tujuan reuni yang paling jamak ya dimaknai sebagai berkumpul untuk mengenang kekonyolan dan ketololan masa lalu. Sepertinya hal-hal itu memang menyenangkan untuk dikenang.

Tetapi buat kami angkatan 1993 (yang tahun ini merayakan perayaan 30 tahun) yang umumnya dari kami menjelang usia emas 50 tahun (duh, kok malih kroso tuwek yo …), selain mentertawakan kekonyolan masa lalu itu, buat kami reuni juga sebuah cara untuk bersiap melewati masa-masa mendatang dengan kebersamaan, dengan keakraban, karena masih banyak hal yang bisa disinergikan untuk kemajuan negeri serta pula diikhtiarkan untuk kemaslahatan sesama sebelum kami pada akhirnya kemudian satu demi satu luruh berpulang memenuhi panggilan Sang Khalik.

Buat kami, reunian adalah sebuah cara mengenang teman-teman sejawat yang sudah berpulang duluan serta sebuah cara memperbanyak teman untuk saling berbagi kiat untuk tetap mengupayakan sehat serta berbagi cara mengobati berbagai penyakit layaknya manusia yang tak kuasa menolak kodrat untuk menua.

Buat kami pun, berkumpul sebagai satu angkatan ITS juga sebuah lompatan menyalahi tradisi. Di ITS, ikatan yang paling guyub ya di jurusan. Belum pernah rasanya satu angkatan di ITS bisa berkumpul sebagai ikatan yang solid (apalagi sesolid perguruan tinggi kedinasan yang di media sosial belakangan ini di-meme-kan sebagai the best school of business in the world).

Di organisasi ikatan alumni, mereka yang aktif di sana ya biasanya adalah mereka yang memang dulunya jaman mahasiswa aktif di organisasi kemahasiswaan. IKA ITS, rasanya juga masih jauh bisa merangkul semua ratusan ribu anggotanya meski berbagai program telah dilakukan oleh Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah serta Komisariat Jurusan.

Lima tahun yang lalu, ide reuni ITS93 sempat bergulir, tapi nyatanya berlalu begitu saja. Tetapi tahun ini seperti ada semangat baru dari temen-temen ITS93. Pertemuan-pertemuan pemanasan yang bisa diselenggarakan pasca pandemi makin mengamplifikasi keinginan baik mewujudkan berbagai rangkaian acara “30 Tahun ITS93”.

Berbagai agenda telah dilaksanakan. Dari acara buka puasa bersama di Surabaya dan Jakarta, juga berbagi berbuka puasa sebulan penuh untuk mahasiswa ITS di bulan Ramadan tahun ini, hingga dua kali Seminar Series yang telah dilaksanakan pada dua minggu yang lalu.

Kini, acara puncak telah di depan mata tinggal menghitung hari sahaja.

Bukan hal yang mudah, tapi ITS93 telah melangkah sedemikian jauh dengan segala hambatan pun juga dengan segala kemudahan yang datang menyertainya sepanjang jalan menuju puncak acara.

Mudah-mudahan kerja-kerja kepanitiaan dalam menyiapkan acara puncak 30 Tahun Angkatan 1993 ITS tanggal 7 Oktober 2023, diberikan kemudahan dan kelancaran. Semoga pula teman-teman ITS93 lainnya dari seluruh penjuru diberikan kesehatan dan kelimpahan energi hingga bisa ikut dan mengantarkan bahwa reuni ini bukan sekedar reuni yang berlalu begitu saja.

Semoga pula, apa yang telah dilakukan oleh teman-teman ITS93 dapat dilihat oleh angkatan-angkatan lainnya sebagai sebuah tradisi baik yang perlu dikembangbiakkan. Bayangkan, jika ITS93 solid, kemudian angkatan-angkatan yang lain juga solid, tentunya almamater dan Ibu Pertiwi akan tertawa bahagia.

[kkpp, 20.09.2023]

  • penulisan ulang dari postingan 11 Maret 2023, dengan penambahan ini itu yang disesuaikan

Tinggalkan komentar