Tanpa terasa babak penyisihan Liga Bridge Online Indonesia tinggal 7 hari saja. Sebagian sudah menyelesaikan seluruh kewajiban, tapi masih ada beberapa yang mempunyai tanggungan.

Bagaimana jika yang mempunyai tanggungan tidak tuntas pada batas waktu yang telah ditetapkan pada 9 Mei nanti?

Bert Toar Polii, mewakili pihak penyelenggara telah menyampaikan bahwa

Bagi regu-regu yang belum memainkan 50% jumlah pertandingan yang harus diikutinya sampai dengan tanggal 9 Mei 2012 maka bagi regu-regu yang sudah berhadapan dengan regu ini skornya tidak dihitung. Jika sudah memainkan 50% atau lebih maka skornya dihitung dan berlaku ketentuan 18-0 atau 8-8 VP seperti yang telah diumumkan sebelumnya.

Mari kita tengok sebentar (berdasar hasil yang dirilis team pimpinan pertandingan yang bisa dibaca di sini) kondisi di masing-masing group.

GROUP A. Secara keseluruhan di group ini masih menyisakan 9 partai yang harus dikebut dalam seminggu ini. Hanya regu Club Bridge Oloh Mataram yang persis menyelesaikan 50%, alias 4 partai dari 8 partai seharusnya. Sedangkan UI Jr dan Wonder Women menyisakan 3 partai, AIC Jr, SPBU-28, dan Sidoarjo Jr menyisakan 2 partai, AgBC dan Borneo Kapuas menyisakan satu pertandingan tersisa. Hanya Indonesia Unima dari group ini yang telah menyelesaikan seluruh pertandingan, sekaligus memimpin klasemen sementara selisih 18 victory point (VP) dari penguntit terdekatnya, AgBC.

GROUP B. Berbeda dengan kondisi di group A, regu yang berada di ujung tanduk justru adalah regu yang mempunyai rata-rata VP yang bagus, yaitu 20.25 dari maksimum 25, Ladies Endjoy. Kini dengan hanya 7 hari tersisa, maka tak lagi bisa enjoy karena masih ada 5 partai yang harus dimainkan. Sementara regu Smanli Bengkulu, telah melewati 50% meski juga menyisakan 4 partai yang harus selesai dalam 7 hari. Regu Puslatcab PKU bertengger di puncak klasemen, berselisih jauh dari regu-regu di bawahnya.

GROUP C. Di group ini, dua regu masih berada di bawah 50%, yaitu regu Karawang dan regu Batam Island. Keduanya juga tak bisa enjoy di minggu ini. Masih ada 5 pertandingan yang harus diselesaikan. Demikian halnya regu Babyface Yogya, GTBC Pajero, AgBC AS, BMS Indonesia, masih harus menyelesaikan lebih dari 2 pertandingan. Regu yang telah menyelesaikan seluruh pertandingan hanya regu Telkom Flexi, memimpin dengan total 159 VP tetapi masih tidak aman sebagai pimpinan klasemen, karena masih mungkin disalip oleh regu Gabrial yang kurang 2 pertandingan.

GROUP D. Kondisi lebih parah dialami di group ini dibandingkan ketiga group terdahulu. Regu Wasaka, regu yang pernah dua kali mendapatkan penalti VP karena tidak menyelesaikan pertandingan pada waktu yang telah ditetapkan, sepertinya juga tidak bakal menyelesaikan kewajibannya. Di hari H-7 dari batas waktu, masih menyisakan7 pertandingan. Seandainya regu Wasaka tidak melanjutkan kiprahnya, maka 25 VP yang diraih regu CNP dan 7 VP yang didapat regu Saudagar Langit, dipastikan hangus. Kondisi ini memungkinkan regu CNP disalip oleh regu Tobo Kito, GTBC Troopers, serta Alumni EBC Padang.

Selain regu Wasaka, regu yang bakal sibuk pada beberapa hari ke depan adalah regu GTBC Dragon Ballz dan regu Telkom SLI007. Keduanya harus menyelesaikan 3 partai lagi.

GROUP E. Tiga regu telah menyelesaikan seluruh pertandingan di group ini, yaitu AIC 1, Senayan Gabsi dan Price of Duayu. Sementara regu yang berada di ujung tanduk adalah regu BBO Lovers, yang baru menyelesaikan persis 50%, menyisakan partai melawan Alunand Padang, Telkom Net Instan, GTBC Long Energy, serta Bridge Kinantan.

GROUP F.  Sebagaimana di Group E, tiga regu juga telah menyelesaikan seluruh pertandingannya, yaitu regu SS Mixed, GTBC Pelangi, serta GTBC Popeye. Bedanya, semua regu di grup ini sudah melewati 50%, sehingga tidak ada kemungkinan VP yang hangus di group ini. Meski demikian, regu Gabrisa CFT dan Tasik KDB harus melakoni tiga partai dalam tujuh hari terakhir ini.

GROUP G. Inilah group yang paling santai di tujuh hari terakhir ke depan. Keseluruhan hanya menyisakan 4 partai saja, dengan 3 partai melibatkan regu GTBC Wild Boys, yaitu melawan Riau Plus, RET & Friends, dan Telkom Speedy. Sedangkan satu partai lainnya adalah partai antara RET & Friends melawan Pekanbaru.

GROUP H.   Sebagaimana di Group C, di group ini juga terdapat 2 regu yang belum menyelesaikan 50%-nya, yaitu regu KleaK dan regu GTBC Magnum. Keduanya harus melakoni 5 pertandingan di minggu terakhir babak penyisihan. Keduanya juga mempunyai VP rata-rata hampir sama, 16 VP. Sementara yang sudah menyelesaikan seluruh kewajiban, juga baru dua tim: GTBC Buitenzorg dan CBC Bengkulu, yang bertengger di posisi 3 dan 4 klasemen sementara.

***

Dengan gambaran di atas, semoga minggu ini BBO (www.bridgebase.com) bakal diramaikan kembali oleh pemain bridge online dari Indonesia. Ramai di awal, sempat sepi karena ajang Kejurnas Bridge ke-50 di Jakarta,  dan bakal ramai kembali jelang penutupan babak penyisihan. Siapa yang bakal lolos, masih ditentukan dari parta-partai yang mau tidak mau harus diselesaikan di minggu ini.

[kkpp, 02.05.2012]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s