Idenya sih sudah lama pengin punya serial postingan kisah foto tentang masjid. Ya, masjid. Rumah peribadatan umat Islam sekaligus pusat peradaban Islam.

Mungkin karena di Indonesia yang mayoritas umat muslim, kurang lebih 85% dari 240 juta penduduk pada tahun 2010, kehadiran masjid memang sedemikian mudah dirasakan. Bahkan di beberapa tempat, jarak satu masjid dengan masjid yang terdekat hanya dalam radius puluhan meter saja, maka kehadiran masjid seolah biasa saja di keseharian kita. Padahal untuk membangunnya bukanlah perkara biasa, belum lagi perkara memakmurkannya.

Nah, serial ini bermaksud untuk mengabadikan sudut-sudut masjid yang ada, dengan segala pesonanya. Sekedar pengingat, bahwa pada seribu sudut masjid itu menunggu kita untuk memakmurkannya.

***

Hanya semata ide ini mengerucut berdekatan dengan liburan long weekend tahun baru imlek kemarin (23/1), maka di serial pertama ini adalah sudut sudut dari masjid ChengHo, yang kental bernuansa oriental. Bahkan jika tak cermat, banyak yang mengira jika bangunan ini adalah sebuah klenteng.

#1 Masjid Chengho, Jalan Raya Pandaan, Pasuruan

Parkiran yang cukup luas, tempat mampir yang ideal bagi pejalan Malang-Surabaya dan sebaliknya.
Berbalut merah, dengan aksen hijau dan warna keemasan, tampak berbeda dengan masjid kebanyakan
Lampion. Cantik menjelang Maghrib
Speechless.

Masjid ini terletak di jalan raya Pandaan, salah satu jalur terpadat di Jawa Timur. Menghubungkan ibukota propinsi, Surabaya, dengan kota terbesar keduanya, Malang.

Merupakan masjid berlantai dua, dengan ruang utama terletak di lantai dua, sedangkan di lantai satu adalah ruang serba guna. Sayang, meski ada himbauan untuk melakukan sholat di lantai dua, masih saja ada yang melakukan sholat di lantai satu.

Cukup menyenangkan sebagai tempat persinggahan: parkiran luas, tukang parkir yang ramah serta tempat wudlu dan toilet yang sangat memadai. Apalagi di pojok belakang ada warung kopi, murah meriah dan merakyat. Dari parkiran itu pula, keindahan gunung Penanggungan bisa terlihat.

Maka, cobalah untuk singgah, merasakan kebhinekaan sedemikan dekat, merasakan bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin.

[kkpp, 31.01.2012]

Keping terkait:

Pesona Penanggungan

Satu pemikiran pada “Seribu Sudut Masjid (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s