Hari ini tepat tanggal tiga belas dan jatuh pada hari Jumat. Saya sendiri baru ngeh ketika teman sekantor ada yang terucap, “Wuih, hari ini ternyata Jumat the thirteenth ya…”

Emang kenapa? “Ya kata orang-orang sih …”, katanya tanpa meneruskan perkataan.

Ya, harus diakui ada tahayul yang mengaitkan antara angka tigabelas dengan hari Jumat. Ada juga yang beranggapan bahwa tigabelas adalah angka sial. Soal asal-usulnya mengapa angka 13 dianggap sebagai angka sial, bisa baca di sini dan di sini.

Hari ini malah komplet mengandung tiga belas. Tanggal tiga belas. Bulan 1 tahun 12. Dijumlah pas tigabelas!! Digabungkan dengan pasaran Jawa, makin komplet pula: hari ini jatuh pada Jumat Legi!!!

Nah lho …

***t

Di kompleks perumahan saya, developer sengaja tidak memberi nomer rumah dengan angka 13. Jadi meski berada pada deret dengan nomer urut, maka ditemuilah nomer rumah janggal, yaitu 12A dan 12B. Di tempat lain, biasanya malah melompat, dari nomer 12 langsung ke 14, atau yang menganut deret ganjil di satu sisi dan deret genap di sisi yang lain, deretnya setelah 11 adalah 15.

Begitu halnya kita jumpai fenomena menghindari angka tigabelas untuk penamaan lantai dari gedung bertingkat, nomer kamar hotel, nomer punggung pemain olahraga (sepakbola, basket, dll).

Tentu pernah jumpa juga kan?

***

Saya sendiri sih tidak percaya gitu-gituan. Bahkan, bak kebetulan, saya, beserta kedua anak saya, Nuha dan Varo, kami bertiga mempunyai kombinasi tanggal dan bulan yang jika dijumlahkan ketemunya adalah tigabelas. Kebetulan, karena tanggal lahir kami di bulan yang berbeda-beda dengan tanggal yang berbeda pula. Tetapi ketemu hasil penjumlahannya sama-sama tiga belas.

Sialkah kami? So far, tak sekalipun saya merasa begitu. Karena keduanya adalah anugerah terindah bagi saya. Soal kapan mereka dilahirkan, sepenuhnya rahasia Sang Pemilik Alam.

Bagaimana dengan Anda? Sialkah Anda hari ini? Jika tidak sial, mengapa tak membuang jauh-jauh tahayul itu…

[kkpp, 13.01.2012]

ps. Met ultah yang ketiga yo Le. Doa kami untuk mu. (ulang tahun Varo jatuh pas kemarin)

3 pemikiran pada “Tiga Belas

  1. Sama, baru ngeh gara2 baca twit teman kalau hari ini friday 13th. Kalau di mall, hotel sama gedung bertingkat tidak ada lantai 4 gak tau kenapa?
    Selamat ULTAH buat Varo….

    Suka

  2. ada yang percaya juga bahwa 4 adalah angka sial. katanya karena bentuknya yang mirip kursi terbalik.

    tadinya pengin masukin juga membahas angka 4 ini di postingan di atas, tetapi gak jadi karena judulnya gak match …

    thanks, tante Lida … *kataVaro*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s