Pernah menyadari lambang sepasang obor yang terdapat di logo Liverpool FC (LFC)? Gambar itu adalah Hills Flame. Sebuah pernyataan eksplisit bahwa seluruh elemen LFC berduka atas tragedi sepakbola terbesar yang terjadi di Inggris Raya, Hillsborough disaster.

Dua puluh satu tahun yang lalu, tepatnya 15 April 1989, 25.000 suporter LFC bertandang ke Hillsborough Stadium, kandang Sheffield Wednesday FC, untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding melawan Nottingham Forest di partai semifinal FA Cup. Tetapi dari 25 ribu itu, 96 orang tak pernah kembali.

Hills Flame

Hari itu, matahari bersinar dan seharusnya menjadi hari yang indah, sayangnya kejadian beberapa menit dari kick-off, menjadikan kedukaan di seluruh kota Liverpool. Bahkan para pendukung dua seteru, Liverpool FC dan Everton FC, tak lagi menghiraukan beda merah dan biru.

Hari itu adalah hari tergelap. Tidak saja bagi Liverpool FC dan malah bagi sepakbola Inggris secara keseluruhan. Blessing in disguise, kejadian itu kemudian mengubah wajah sepakbola Inggris seperti yang kita saksikan hari ini semata karena mereka belajar dari kedukaan itu.

Sebuah duka masih berasa hari ini. Meski dua puluh satu tahun berlalu.

Justice for The 96. Rest in Peace. YNWA

[kkpp, 15.04.2010]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s