Entah mengapa saya begitu menyukai bahasa Indonesia. Mungkin sejak saat saya di bangku sekolah dulu. Saat itu ada penugasan untuk melihat serta membikin ringkasan acara di televisi nasional yang khusus membahas mengenai “berbahasa yang baik dan benar”. Lantas saat mengetahui kesejarahannya hingga ketika menjadi mahasiswa secara sadar mengganti frase “… berbahasa satu, bahasa Indonesia” dalam sumpah pemuda menjadi “… berbahasa satu, bahasa kebenaran”. 

Dulu, saya hanya mampu menggapai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang diterbitkan Balai Pustaka itu hanya saat saya bermain di perpustakaan. Tak mampu saya mendapatkan KBBI yang diterbitkan pertama kali tahun 1988 itu secara pribadi.

Kini, alangkah senangnya saya ketika mendapatkan informasi yang di-sharing di milis alumni tentang KBBI Online yang dapat di-klik melalui alamat  http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/  

Saya sudah mencobanya dan mendapatkan bahwa KBBI daring itu memang cukup berguna. Tampilannya cukup ringkas dan tepat guna. Anda tinggal memasukkan kata yang Anda inginkan, dan beberapa saat kemudian apa yang Anda inginkan telah muncul di layar. 

Di halaman muka website itu, Dr. Dendy Sugono, Kepala Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, menyampaikan bahwa KBBI daring ini adalah berbasiskan KBBI edisi ketiga, edisi terakhir dari KBBI yang diterbitkan tahun 2001. Rencananya KBBI edisi keempat akan diterbitkan pada tahun ini. 

Selamat berbahasa Indonesia. 

[kkpp, 18.03.08] 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s