Di Indonesia, meski bridge termasuk salah satu olahraga berkelas dunia selain bulutangkis dan tinju, mencari tempat untuk berlatih adalah salah satu problem tersendiri. Kita mungkin sering melihat orang bermain catur di pinggir jalan, namun tak bakalan kita melihat orang bermain bridge di pinggir jalan. Bisa-bisa malah kita menjadi bahan tangkapan polisi yang kurang kerjaan menangkapi orang bermain kartu dengan tuduhan berjudi yang sungguh tak berdasar.

Kendala lainnya adalah bila catur cukup dimainkan berdua, sementara bridge harus dimainkan sekurangnya berempat. Bila ingin mendapatkan kualitas permainan, sekurangnya kita harus main berdelapan. Jadi, jauh lebih mudah untuk bermain catur, cukup punya satu kenalan, sudah bisa membuka papan. Sementara untuk bridge, agar bisa bermain Anda harus punya komunitas, tidak cukup dengan hanya seorang kenalan saja. Apalagi orang yang bisa bermain catur jauh lebih banyak daripada yang bisa bermain bridge. Karena itu, di sisi yang lain, bermain bridge memaksa kita untuk bisa berkomunitas.

Dengan kendala-kendala seperti itu, tak salah bila banyak kawan pemain bridge yang kemudian jatuh cinta untuk bermain bridge secara online di www.bridgebaseonline.com atau yang lebih dikenal dengan BBO. Selama kita punya koneksi ke internet, kapanpun dan dimanapun kita bisa bermain bridge. Tak usah khawatir dengan kekurangan kawan, malah kita bisa mendapatkan kawan baru di sana. Pun kita bisa berkomunikasi karena dilengkapi fasilitas chatting.

Namun meski demikian, bagi sejumlah pemain bridge, kenikmatan bermain online belum bisa menggantikan bermain bridge secara biasa. Karena itu mereka sering mencari dimana lokasi bermain bridge.

Di Surabaya, lokasi bermain bridge yang legendaris adalah bertempat di Balai Sahabat Surabaya di jalan Genteng Kali sebelum Siola. Biasanya main saban Selasa tiap 19.30 s.d 23.00 wib. Atau kalau mau, silahkan bergabung di latihan rutinnya Perkumpulan Bridge (PB) Angka Bridge Family (dulu dikenal PB ITS). Biasanya latihan digelar tiap Jumat malam, lepas maghrib hingga selesai (hehe, kadang bila lagi semangat bisa selesai dini hari) di kantin pusat kampus ITS. Bila tidak ada halangan, saya selalu ada di sana bersama kawan-kawan UKM Bridge ITS.

Di Makassar, seorang pemain yang bertemu di suatu ajang menginformasikan bahwa mereka biasa bermain di Gedung Mulo, jl. S. Saddang (perempatan Jl. Sudirman) tiap Sabtu/Minggu jam 14.00 waktu setempat.

Anda punya informasi lainnya? Monggo ditambahkan …

[kkpp, 19/12/07]

7 pemikiran pada “Lokasi Bermain Bridge

  1. saya memerlukan rangkuman bidding untuk membantu pemula baik di mini bridge maupun bridge.
    sekarang ini saya sedang membantu teman memperkenalkan mini bridge kepada 36 murid sekolah dasar kelas 4 dan 5 di pedesaan. terima kasih

    Suka

  2. pak ruben,

    salam kenal!

    di klub kami memang tengah mengagendakan untuk menyusun semacam ringkasan, coba nanti saya tanyakan untuk bisa saya forward ke email bapak. bila saya terlupa mohon diingatkan via japri ke kakap(dot)merah(at)gmail(dot)com

    kalau boleh tahu, pak ruben di posisi mana sekarang?

    Suka

    1. banyak malah kalo di jakarta. ada yang di bulungan, ada yang di senayan. cuma saya main di jakarta jika pas ada turnamen besar saja.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s