Salah satu dari program Go Green adalah menghemat penggunaan kertas. (Lebih lengkapnya baca di sini). Menurut beberapa artikel, meminimalkan penggunaan kertas ini akan menghemat penggunaan kayu, air, serta energi yang digunakan oleh memproduksinya serta di sisi yang lain juga memotong polusi yang ditimbulkan industri kertas.

Menghemat penggunaan kertas bisa dilakukan dengan meminimalkan nge-print yang tidak perlu, nenggunakan dua sisi kertas, juga sebisa mungkin menggunakan kertas re-cycle.

Salah satu trik yang bisa digunakan lainnya adalah sebisa mungkin memindahkan aplikasi hard-copy menjadi soft-copy. Beberapa media sudah berupaya menerbitkan edisi e-paper. Begitu halnya dengan beberapa bank penerbit kartu kredit, sudah memberikan opsi untuk mengirimkan tagihan dalam bentuk email.

Untuk yang pertama, saya masih berlangganan dua media cetak. Satu media nasional, satu media lokal. Baru jika memerlukan tambahan referensi maka saya baru mencari di media lain via internet dan meng-kliping-nya dalam bentik soft-copy.

Sedangkan untuk yang kedua, yang membacanya hanya selintas, yaitu berapa besar tagihan yang harus dibayar bulan ini serta beberapa promo tertentu, rasanya memang pilihan yang harus dilakukan. Tidak ada alasan untuk tidak mengganti lembar kertas tagihan menjadi bentuk soft-copy saja. Pengalaman seorang kawan yang masih menggunakan hard-copy, lembar tagihannya pernah tak terkirim, dan kemudian berselisih dengan pihak bank penerbit. Sementara dengan penggunaan e-bill, semua sudah ter-generate oleh system. Selama email Anda ter-maintain dengan baik, rasanya tak bakal lembar tagihan itu nyasar atau tak terkirim.

Kalau tidak memulai sekarang berpartisipasi untuk program Go Green, mau kapan lagi. Tinggal telpon customer care dari bank penerbit, minta ganti ke lembar tagihan dalam bentuk email. Gampang kok. Pihak bank penerbit pun, juga diuntungkan dari me-reduce biaya penggunaan kertasnya.

Tapi akan lebih Go Green lagi bagi kondisi dompet, jika upaya yang kedua ini, diminimalkan hingga titik nol. Tak perlu lagi ada tagihan kartu kredit!

Kata orang Surabaya, ini lebih dari sekedar Go Green tapi Guo Grueen rek ….

[kkpp, 28.06.2011]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s